Mau Menyerah? Simak Pelajaran Penting Dari Pohon Bambu Ini

Apakah perjalanan hidupmu begitu sulit? Apakah Anda mau menyerah? Mari di artikel belajar segalanya ini kita akan belajar bagaimana pertumbuhan pohon bambu ini dapat merubah pemikiramu dalam menghadapi berbagai permasalahan.

Ternyata selama ini pohon bambu tidak akan bertumbuh sebelum umurnya melebihi 5 tahun. Walaupun pohon bambu tersebut dirawat dengan baik, tetap tidak akan mau bertumbuh sebelum umurnya melebihi jangka waktu tersebut.

Tetapi pohon bambu tersebut jika sudah melebihi 5 tahun maka akan mengalami pertumbuhan pada batangnya yang sangat pesat. Bahkan pertumbuhan tersebut bukan hanya dalam hitungan centimeter, tetapi bertumbuh dalam hitungan meter.

Lalu apa yang terjadi pada pohon bambu tersebut disaat umurnya sebelum 5 tahun?

Inilah pelajaran penting dari pertumbuhan pohon bambu


Ternyata hal yang dilakukan pohon bambu tersebut selama 5 tahun pertama adalah dia fokus untuk pertumbuhan yang sangat dahsyat pada akar-akar nya dan bukan pada batang pohonnya. Karena dalam pertumbuhan akar tersebut, pohon bambu sedang mempersiapkan pondasi yang kuat terlebih dahulu sebelum menumbuhkan batang yang akan dia tumbuhkan. Sehingga dengan pondasi yang kuat, maka akan sangat dapat menopang batang pohon bambu yang tinggi yang sering kita lihat secara nyata.

Lalu apa yang bisa kita pelajari dari pertumbuhan batang tersebut? Mari kita simak beberapa pesan penting yang dapat kita pelajari untuk kehidupan kita.

Dalam pertumbuhan pada akar tersebut bisa kita artikan saat kita mengalami suatu hambatan dan kegagalan. Dengan hal tersebut bukan berarti kita tidak mengalami sebuah perkembangan, tetapi hal tersebut merupakan pertumbuhan yang pesat dalam diri kita. Disaat kita lelah dan hampir menyerah, jangan pernah terpikirkan untuk menyerah untuk menghadapi beratnya kehidupan.

Sebuah pameo mengatakan bahwa bagian terberat untuk sebuah roket mencapai orbit yaitu disaat melalui gravitasi bumi. Jika kita lebih jeli memperhatikan, bagian peralatan roket yang dibawa sebagai pendukung terbesar adalah jet pendorong untuk dapat melewati bagian atmosphere dan gravitasi bumi.
Perlu adanya sebuah perjuangan yang keras, konsisten, dan kesabaran dalam melakukannya. Karena disaat memulai segala sesuatu akan terasa begitu berat dan penuh dengan tekanan yang kuat.

Tetapi bila seseorang sudah melewati tahap tertentu dalam sebuah perjuangan, maka perjalanan selanjutnya akan terasa begitu mudah dan bebas dari tekanan. Begitu juga hal yang sangat disayangkan jika seseorang tersebut sudah tumbang atau menyerah ditengah jalan dalam proses awal tersebut, maka hal yang sudah dijalani akan terbuang sia-sia.

Seperti yang telah dikatakan oleh buya hamka bahwa “jika hidup sekedar hidup, babi di hutan pun juga hidup dan jika kerja sekedar kerja, kera pun juga bekerja”

Ketika sebuah pohon bambu yang sedang tertiup angin kencang, maka dia akan merunduk. Tetapi setelah angin tersebut berlalu, maka dia akan tegak berdiri kembali. Seperti manusia dalam perjalanan hidupnya selalu mengalami cobaan dan rintangan. Tetapi tetaplah tegak kembali untuk harapan kehidupan yang lebih baik.

Belajarlah seperti pohon bambu!!!

Karena fleksibilitas pohon bambu tersebut akan mengajarkan kita untuk bersikap hidup yang bertumpu pada keteguhan hati yang kuat dalam menjalani hidup. Walaupun dalam setiap perjalanan selalu mengalami badai dan gelombang permasalahan. Jangan ada kata menyerah untuk selalu bertumbuh, Buang segala keterbatasan pemikiran yang menghambat pertumbuhanmu. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mau Menyerah? Simak Pelajaran Penting Dari Pohon Bambu Ini"

Post a Comment