Foto Saat terjadi Revolusi Nasional Indonesia

Pada hari 17 agustus kemarin merupakan hari kemerdekaan bangsa kita yang kita cintai yaitu bangsa indonesia. Sungguh kita bisa bersyukur bagaimana kita terlahir saat ini yang merasakan kemerdekaan bangsa indonesia.

Kita tidak merasakan bagaimana sulitnya kehidupan saat bangsa kita masih dalam penjajahan belanda. Berbagai kesulitan dan hidup yang sangat berat di alami oleh generasi sebelumnya merasakan bagaimana terjadi Revolusi Negara Indonesia saat itu.



Revolusi Nasional Indonesia adalah sebuah konflik bersenjata dan pertentangan diplomasi yang terjadi antara Republik indonesia yang baru lahir melawan kerajaan Belanda yang di bantu sekutu diwakili oleh inggris. Beberapa rangkaian terjadi mulai dari proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1954 hingga pengakuan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 29 desember 1949. Meskipun demikian gerakan revolusi itu sendiri telah dimulai pada tahun 1908, yang saat ini diperingati sebagai tahun dimulainya kebangkitan nasional indonesia. - Wikipedia

Beberapa foto dibawah ini adalah sebagian dari foto yang tidak di publikasikan oleh negara Belanda yang terjadi pada saat Revolusi Nasional Indonesia. 

Pada bulan januari 2016, Hueting menceritakan kembali ceritanya di Museum Resistan Belanda Amsterdam dalam rangka pameran Colonial War 1945-1949 desired and undiersired images yang berlangsung sampai pada tanggal 3 April 2016.

Pameran foto - PERANG KOLONIAL 
Gewenst en ongewenst beeld
Pameran ini menceritakan bagaimana Revolusi Nasional Indonesia dari sudut pandang belanda. Hal ini sangat mempengaruhi opini media belanda.

Foto Spaarnestad, W.F.J Pielage, NA
Di foto diatas tersebut, para pejuang Indonesia tersungkur ke dalam sebuah parit yang tertutupi daun palem. Terlihat di sebelah kanannya adalah tongkat bambu runcing.


Fotografer : NN, NIOD
Pada tanggal 29 November 1947, tiga orang pejuang muda Indonesia tertangkap oleh tentara belanda. Mereka bertiga terlihat kaki nya di ikat oleh tentara belanda.

T.Schilling, DLC,NA
Di atas tersebut foto tentara belanda sedang santainya mengarahkan senjatanya ke pasukan pemerinta Indonesia yang sudah menyerah. foto tersebut terjadi di Solo Jawa Tengah 1948.

Di bawah ini tentara hindia belanda atau KNIL (Koninklijk Nederland-Indische Leger) sedang berada di kumpulan prajurit Indonesia yang diantaranya ada yang tertangkap, terluka, atau tewas. Kejadian ini terjadi di Malang Jawa Timur, akhir Juli 1947

TLC, arsip nasional Belanda, The Hague
Tentara Indonesia yang di tarik dari parit (H. Wilmar, Marvo, NIMH)
Foto di bawah ini adalah keadaan seorang anak kecil kurus kerempeng yang mendapatkan rangsum dan rokok dari seorang marinir belanda.

Hwilmar foto Spaarnestad, NA
Foto tersebut adalah hasil crop-an dari sebuah foto yang di zoom dan di fokuskan kepada anak kecil. terjadi di Madura Barat, akhir agustus 1947.

Video di bawah ini yang terjadi saat Revolusi Nasional Indonesia 



Dimana penjajahan yang sangat begitu kejam di rasakan mereka waktu dahulu. Dengan melihat foto-foto diatas akan membuka mata hati kita untuk merasakan begitu bersyukurnya bisa menikmati suasana yang lebih baik daripada jaman dahulu masa Revolusi Nasional Indonesia.

Hargailah perjuangan para pahlawan yang telah gugur untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Sebagai tugas kita selanjutnya yaitu mempertahankan dan menjadikan Bangsa Indonesia ini menjadi lebih baik. Mari kita bersama-sama bangkit untuk memajukan negara kita sebagai negara yang patut di akui oleh seluruh dunia.

MERDEKA

 


















Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Foto Saat terjadi Revolusi Nasional Indonesia"

Post a Comment